POLRI SIGAP TERHADAP BENCANA ALAM

  • Share

KUTAI TIMUR – Kapolsek Kongbeng, Iptu Satria Yudha, bersama jajaran turun langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir akibat luapan air sungai Muara Wahau yang merendam sebagian perumahan warga yang berada di Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng.

Tak hanya melakukan evakuasi terhadap masyarakat, Kapolsek Kongbeng beserta jajaran juga turun langsung membantu masyarakat menyelamatkan harta benda milik warga yang rumahnya telah terendam banjir.

Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Iptu Satria menyampaikan bahwa banjir yang menimpa wilayah binaannya tersebut disinyalir akibat curah hujan yang cukup deras pada hari Rabu malam tanggal 07 April 2021 di daerah hulu sungai Muara Wahau yang berada di atas Desa Miau Baru.

“Pada hari kamis kemarin luapan sungai mencapai 30-50 centimeter, kami bergerak cepat membantu evakuasi, personil juga kami siagakan untuk terus melaksanakan pemantauan di beberapa titik lokasi sehingga peringatan dini dapat kami berikan jika debit air terus meningkat,” ucap Kapolsek Kongbeng IPTU Stria Yudha. Jum’at (09/04/2021).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko melalui Paur Subbag Humas Ipda Danang menambahkan bahwa jumlah warga yang terkena banjir diperkirakan sejumlah 150 kepala keluarga dan hingga saat ini korban jiwa dan material akibat banjir sementara nihil.

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan himbauan Kapolres kepada warga agar tetap waspada mengingat kemungkinan akan adanya hujan kembali dihulu sungai yang mengakibatkan air bertambah naik.

Selain itu, menurut Ipda Danang, Kapolres juga telah menginstruksikan agar Kapolsek setempat melakukan berbagai upaya preventif dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menanggulangi berbagai kemungkinan yang terjadi.

“Peningkatan patroli dan pengamanan masyarakat yang terdampak banjir juga telah diinstruksikan kepada Kapolsek. Personel juga telah kami siagakan untuk membantu masyarakat. Kami menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan terus berkoordinasi dengan personel di lokasi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan,” ucap Kapolres Kutai Timur Welly Djatmoko., SH., SIK., MSi.

HUMAS POLRES KUTIM

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *